13/12/15

TARAF INTENSITAS BUNYI



Pernahkah kita mendengar bunyi yang sangat keras yang membikin telinga sakit? Atau bunyi yang sangat pelan yang kita kurang jelas diidengar? Atau suara bising mesin di pabrik? Apakah hubungan antara Intensitas bunyi dan taraf intensitas bunyi?



PENGERTIAN TARAF INTENSITAS BUNYI


Secara sederhana, Taraf intensitas bunyi bisa diartikan dengan tingkat kebisingan suatu bunyi pada pendengaran manusia. Bunyi yang mempunyai taraf intensitas yang tinggi akan memekakkan telinga kita seperti bunyi ledakan bom atau pesawat terbang. Namun ada juga bunyi yang sangat pelan sampai sampai tidak terdengar oleh telinga kita.

Secara fisika, Taraf intensitas bunyi merupakan perbandingan nilai logaritma antara intensitas bunyi yang diukur (I) dengan intensitas ambang pendengaran (Io). Intensitas ambang pendengaran (Io) yaitu intensitas bunyi terkecil yang masih mampu didengar oleh telinga, Besarnya ambang pendengaran berkisar pada 10 watt/m. Satuan dari Taraf Intensitas bunyi adalah desiBell (dB).

Berikut tabel taraf intensitas beberapa sumber bunyi



RUMUS TARAF INTENSITAS BUNYI


Taraf intensitas dari sebuah sumber bunyi dirumuskan dengan :





TARAF INTENSITAS DARI n BUAH SUMBER BUNYI IDENTIK

Jika terdapat sebanyak n buah sumber bunyi yang identik (mempunyai intensitas bunyi sama), besar Taraf intensitas totalnya dirumuskan dengan persamaan :




PERBANDINGAN TARAF INTENSITAS PADA RADIUS YANG BERBEDA


Taraf intensitas bunyi pada jarak yang berbeda dari sumber bunyi akan berbeda, dirumuskan dengan :


Persamaan di atas sebenarnya sama, persamaan pertama R1/R2 dan persamaan kedua R2/R1. Lebih mudah mana ? Yang kedua lebih mudah karena biasanya R2 > R1.


CONTOH SOAL TARAF INTENSITAS BUNYI


Intensitas bunyi sebuah mesin jahit yang sedang bekerja adalah 10-9 watt/m2. Jika intensitas ambang bunyi adalah 10-12 Watt/m2, maka taraf intensitas bunyi dari 10 mesin jahit yang sedang bekerja bersama-sama adalah …
A. 400 dB
B. 300 dB
C. 40 dB
D. 30 dB
E. 3 dB

Jawaban : C

Pembahasan :
I = 10-9 watt/m2              Io = 10-12 Watt/m2            n = 10 mesin
Langkah pertama penyyelesaian soal ini adalah dengan mencari TI untuk sebuah mesin. Kemudian menentukan TI untuk 10 mesin.




Mudah bukan memahami materi ini? Semoga membantu memahami materi di sekolah kalian. Good luck!



0 komentar

Posting Komentar